Memperbaiki laci 1 tidak terbaca canon ir 5000

Laci 1 tidak terbaca – Laci satu (1) pada mesin fotocopy canon ir 5000 unumnya di gunakan untuk menyimpan kertas A4, jadi kadang laci 1 juga biasa disebut laci kertas A4.

Walaupun sebenarnya laci 2 juga bisa digunkana untuk menyimpan kertas A4 juga

penyakit pada laci kertas yng sering muncul adalah laci kertas yang tidak terbaca, padahal kertasnya ada, seperti pada kasus yang akan kita perbaiki ini, yaitu laci 1 tidak terbaca.

Kronologi:

laci 1 sudah terisi kertas dan laci pun dimasukkan, lama menunggu sampai kertas terangkat oleh lifter sampai terbaca di monitor. namun laci ini tidak pernah selesai loading, ketika dikeluarkan lacinya, tidak ada suara “duk” yang menandakan kertas terangkat.

Cara memperbaiki laci 1 tidak terbaca

kesimpulan awal adalah laci kertas ini tidak terangkat, artinya motor lifter tidak berputar. tapi apakah hanya seputar motor lifter saja? mari kita cari penyebabnya

Baca juga : Kertas U2 tidak terbaca, disini ada solusiny

1. Check manual motor lifter.

sebelum membongkar motor lifter,lebih baik kita check secra manual untuk melihat apakah motor lifter ini bergerak atau mati, selain itu juga untuk melihat apakah lifter juga bergerak atau tidak.

Caranya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

laci 1 tidak terbaca

ketika sensor yang saya tunjuk tangan ini anda tekan keatas, motor lifter akan berputar, jika kurang jelas anda bisa menyorot dengan senter untuk melihat gerakan motor Lifter.

bersama dengan gerakan motor lifter, lifter pengangkat kertaspun juga akan perlhana bergerak keatas.

Jika dengan cara check manual ini motor lifter tidak berputar, maka anda harus melepas motor lifter.

jika dengan check manual ini motor lifter bergerak namun lifter pengangkat kertas tidak naik, maka anda harus check gear lifter, biasanya ada gigi yang gompal.

2. Motor Lifter

setelah tadi kita cek diatas ternyata motor lifter mati, maka mau tidak mau kita harus berpindah kebelakang untuk membuka motor lifter.

untuk membukanya cukup rumit, sebagai bahan uji coba apakah benar benar mati, anda bisa menggunakan motor lifter milik laci 2, karena meraka sama.

laci 1 tidak terbaca
motor lifter bisa menjadi sebab laci 1 tidak terbaca

sebelum memasang motor lifter lebih baik anda lakukan penyemprotan pada soket soket listrik, biasanya karat menghalangi arus untuk menuju motor lifter

3. switch sensor

swicth ini terletak bersebelahan dengan motor lifter, berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus bilamana laci di masukkan atau mode on.

baca juga: menelusuri aliran kabel dari motor driver ke motor lifter.

switch ini akan menghantarkan arus ke motor lifter untuk mengangkat lifter, coba anda ganti dan cek kembali seperti apa hasilnya.

sambil anda membongkar item item tersebut sebaiknya anda bersihkan juga soket soket kabel siapa tau itu soket sudah kotor juga bisa jadi penyebab aliran listrik terganggu.

4. Deck Paper

periksa soket yang menancap di samping deket body, karna pernah suatu ketika laci mesin saya tidak terdeteksi,

sudah hampir semua item saya ganti namun masih sama saja, usut punya usut ternya cuma sepele, itu soket yang menancap ke samping body tidak pas atau tidak menancap dengan sempurna.

kemudian cek juga kondisi sensor apakah berfungsi dengan baik, bila kita tutup sensor tersebut langsung kembali keposisi semula karena gaya tarik per, karna biasanya pernya lepas sehingga dia tidak kembali lagi.

Baca juga : Mengatasi kerta A3 tidak terdeteksi

Kesimpulan

pada kasus laci 1 tidak terbaca yang saya alami dikarenakan motor lifter nya mati, karena ketika saya ganti dengan motor lifter laci 2, ternyata laci terbaca.

dan ketika motor lifter 1 dipasang di laci 2 ternyata tetap mati, jadi perlu untuk mengurut perbaikan supaya tidak membuang waktu.

demikian artikel saya tentang laci kertas A4 yang tidak terdeteksi semoga membantu sobat semua dan bila tidak keberatan tolong tinggalkan pesan,kritik atau apalah yang penting sopan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *