Laci F4 tidak terbaca canon IR

Laci kertas/tray yang dimiliki oleh mesin cannon ir 5000 biasanya 4 buah laci, dibagian atas kanan kiri untuk laci kertas A4 dan Laci no 3 yang biasanya disisi dengan kertas F4/U2/FLSC,  laci F4 ada ditengah tengah.

yang terakhir ada laci kertas A3 dan ada 1 lagi tempat yang hampir terlupakan, kita juga bisa menaruh kertas di Stack bypass untuk kebutuhan fotocopy yang tidak terlalu banyak.

Kembali pada trouble yang sekarang yaitu laci f4 tidak terbaca dilayar monitor, bukan karena kertas kosong namun kertas F4 ada namun tidak terbaca oleh mesin.

Mencari penyebab laci F4 tidak terbaca

untuk menemukan penyebab yang pasti laci f4 yang tidak terbaca ini, kita harus melakuakn urutan proses pengechekan beberapa item berikut;

  1. Sersor kertas.

Tanda sebuah laci kertas dapat terangkat oleh lifter adalah ketika mesin dinyalakan maka akan terdengar suara motor lifter yang mengangkat laci kertas.

ketika laci kertas terangkat sampai pada titk menyentuh sensor full paper, maka sensor tersebut kaan mengirimkan sinyal ke layar monitor berupa garis garis pada laci kertasnya.

Kesalahan awal tertuju pada sensor kertas, yupp karena sensor ini berkerja dan bertanggung jawab untuk mendeteksi ada tidaknya kertas dilaci.

Asumsi saya ini sensor mungkin kotor,mati atau sudah rusak, langsung saya cabut deck paper yang ada disamping,

saya coba ganti sensor paper nya dengan sensor mesin yang bagus, setelah diganti tinggal di test dan ternyata masalah belum selesai, kertas masih belum terdeteksi.

    2. Deck paper

Gambar 2: Deck Paper

Setelah sensor tidak ada perubahan,karena tidak mau repot saya ambil langkah termudah untuk mengganti 1 set deck paper,

Baca juga : Kertas macet di pemanas.ini dia penyebabnya.

saya tukar deck paper F4 dengan Deck paper yang ada dibawahnya yaitu deck paper kertas A3 karena deck paper ini tidak ada masalah,asumsi saya mungkin selenoidnya rusak, stelah ditukar ternyata masih sama kertas belum terdeteksi.

   3. Lifter kertas

Lifter ini berfungsi sebagai pengangkat kertas sesuai denga ketinggian tertentu sesuai dengan banyak sedikitnya kertas yang ada dilaci,lifter kertas ini harus segera mengangkat kertas jika laci dimasukkan.

Kecurigaan muncuk apakah lifter ini tidak bekerja,apakah lifter ini tidak mengangkat kertas, mungkin saja soket nya putus? Langsung saja lifetr saya copot dan ganti dengan lifter yang bagus dengan soket yang bagus pula, ternyata oh ternyata maslah masih belum teratasi.

   4. Motor lifter

Gambar 4 : Motor Lifter

Motor inilah yang menggerakkan lifter naik untuk mengangkat kertas.

setelah mengganti lifter tidak ada perubahan kecurigaan selanjutnya tertuju pada motor lifter karena ialah yang menggerakkan lifter.

asumsi saya, mungkin ini motor mati, sehingga lifter tidak bekerja, untuk kesekian kali saya bongkar motor lifter milik mesin yang sehat dan dipasanglah pada mesin ini,.

akhirnya betul dugaan yang terakir ini, kertas F4 dapat terbaca, dan amesin bisa dipakai lagi deh.

Kesimpulan

Jadi untuk masalah laci F4 yang tidak terbaca monitor ini ada beberapa analisa yang harus anda lakukan.

mungkin tidak akan selalu motor lifter yang mati bisa juga mungkin gear lifter patah atau sensor lifter mati.

jadi penting untuk mengetahui urutannya dan melakukan checking dengan sabar.