Prosedur pemindahan KWH Meter prabayar yang benar.

Pemindahan Kwh Meter.terkadang KWH meter yang terpasang dirumah kita menjadi halangan atau penghalang saat kita akan melakukan renovasi, hal ini di sebabkan karena posisi kwh meter ini nantinya akan tertutup oleh hasil renovasi rumah, untuk memudahkan pekerjaan renovasi, mau tidak mau kwh meter ni harus kita pindahan terlebih dahulu.

namun apakah kwh meter ini bisa kita pindahan secara individual tanpa memanggil petugas pLn, apakah nantinya tidak akan ada sanksi atas pemindahan ini jika tidak dilakukan oleh oetugas PLN nantinya? mari simak pengalaman saya saat memindahkan KWH meter ketika melakukan renovasi rumah.

KWH meteran merupakan properti milik PLN, jadi hanya petugas pln yang berhak untuk memindahkannya, waktu itu saya terpikirkan untuk memindahkannya sendiri karena terbayangkan oleh saya jika menggunakan jasa petugas pln mungkin akan membutuhkan uang yang lebih banyak untuk membayar biaya resmi pemindahan meteran listrik, yang mungkin akan sangat mahal.

namun ketika melihat lihat dan hendak untuk memindahkannya ternyata ada segel yang mengamankan kwh meter tersebut dan ada denda jika membuka segel meteran pln ,sehingga saya urungkan memindahkan meteran secara individu ini,

pemindahan kwh meter
Prosedur pemindahan KWH meter yang benar

dari pada terkena sanksi pindah meteran listrik lebih baik kita main aman saja dan mengikuti prosedur resmi walaupun itu membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menunggu petugas pln, apalagi jika kita dikejar waktu untuk segera memindahkan kwh meteran tersebut, dan berikut ini adalah prosedur untuk pemindahan kwh meteran listrin di rumah.

Baca juga : Cara membeli pulsa listrik token dengan m banking.

Prosedur Pemindahan KWH Meter.

PLN membuka jalur pengaduan melalui call center 123, sebelum anda melakukan panggilan siapkan terlebih dahulu syarat dibawah ini

  1. KTP anda
  2. Nomor Meter
  3. Nama yang terdaftar pada meteran’

jika hal diatas sudah terpenuhi maka mari kita melakukan panggilan ke 123, biasanya jalurnya seperti ini

1.Call ke 123

panggilan ini bertujuan untuk melakukan pengajuan pemindahan KWH, dari panggilan 123 ini anda akan mendapat nomor pengajuan yang nantinya dari pihak PLN pusat akan meneruskan pengaduan anda ke unit PLN terdekat, saat pengajuan ini ,hal yang anda siapkan diatas akan di tanyakan oleh call center .

2.Unit PLN terdekat akan menelpon anda

rentang waktu kurang dari 1 jam pihak pln terdekat akan menghubungi anda, maksud dari PLN unit terdekat ini menghubungi anda untuk menanyakan beberapa hal berikut

  • – apakah pemindahan KWH ini masih dalam satu bangunan atau tidak
  • – membutuhkan kabel tambahan atau tidak, kabel yang dimaksud adalah kabel dari tiang listrik kerumah anda.

ketika unit pln terdekat ini menelpon berarti pengaduan anda sudah masuk dalam proses registrasi, petugas call center akan memberikan nomor registrasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran jasa atas pemindahan kwh meter anda. inilah biaya resmi pemindahan meteran listrik yang harus anda bayar, sebelum anda membayarnya maka keluhan anda tidak akan ditindak lanjuti.

catat nomor registrasi yang di berikan oleh petugas call center tersebut, kemudian anda bisa membayar jasa tersebut di indomaret,alfamaret atau loket PLN dengan memeberikan nomor registrasi dan catatan “pembayaran PLN non tagihan”.

simpan struk pembayaran tersebut sampai petugas datang, keluhan anda akan dilayani paling lama 3 hari.

demikian prosedur yang saya jalani saat memindahkan KWH meteran token rumah, semoga bisa membantu anda dan jangan sekali kali memindahkan kwh meteran tanpa petugas resmi, jasa untuk pemindahan ini hanya sekitar Rp.100.000, 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *